Keintiman Emosional

Keintiman Emosional

goodscoop.id merupakan media online yang mempunyai visi “Portal Keuangan Islami”. Dengan misi ini, Good Scoop membagikan tips keuangan, cara mengatur finansial, meraih harta dengan cara Islam, dan menggaungkan muamalah syariah. Good Scoop juga merangkum berita ekonomi dan finansial dari sumber-sumber terpercaya dan kredibel

Keintiman emosional adalah salah satu pengalaman terindah yang pernah kita miliki. Tidak ada hal lain yang benar-benar mendekati pengalaman berbagi pikiran dan perasaan terdalam kita dengan orang lain, dilihat dan dikenal secara mendalam, berbagi cinta, gairah, tawa, kegembiraan, dan/atau kreativitas. Pengalaman keintiman mengisi jiwa kita dan menghilangkan kesepian kita.

7 Cara Meningkatkan Keintiman Emosional yang Terasa Hambar

Lalu, mengapa seseorang takut akan keintiman?

Sebenarnya bukan keintiman itu sendiri yang ditakuti orang. Jika orang dapat dijamin bahwa keintiman akan terus menjadi pengalaman positif, mereka tidak akan takut akan hal itu. Yang mereka takutkan adalah kemungkinan terluka karena berhubungan intim dengan orang lain.

Banyak orang memiliki dua ketakutan utama yang dapat menyebabkan mereka menghindari keintiman: takut ditolak – kehilangan orang lain, dan takut ditelan – diserbu, dikendalikan, dan kehilangan diri sendiri.

Karena kita semua telah belajar untuk bereaksi terhadap konflik dengan berbagai perilaku pengendalian – dari kemarahan dan kesalahan hingga kepatuhan, penarikan, dan penolakan – setiap hubungan memberi kita masalah penolakan dan ketertelan ini.

Jika satu orang marah, yang lain mungkin merasa ditolak atau dikendalikan dan balas marah, menyerah, menarik diri atau melawan. Jika satu orang menutup diri, yang lain mungkin merasa ditolak dan menjadi menghakimi, yang dapat memicu ketakutan orang lain akan ditelan, dan seterusnya.

Lingkaran pelindung ini ada dalam satu atau lain bentuk dalam setiap hubungan. Ketika ketakutan akan penolakan dan keterpurukan menjadi terlalu besar, seseorang mungkin memutuskan bahwa menjalin hubungan itu menyakitkan dan mereka sama sekali menghindari keintiman.

Namun menghindari hubungan menyebabkan kesepian dan kurangnya pertumbuhan emosional dan spiritual. Hubungan menawarkan kita arena yang paling kuat untuk pertumbuhan pribadi, jika kita menerima tantangan ini. Jadi apa yang menggerakkan kita melampaui rasa takut akan keintiman?

Ketakutan itu ada, bukan karena pengalaman itu sendiri, tetapi karena seseorang tidak tahu bagaimana menangani situasi ditolak atau dikendalikan. Rahasia bergerak melampaui rasa takut akan keintiman terletak pada pengembangan bagian dewasa penuh kasih yang kuat dari diri kita yang belajar bagaimana tidak menerima penolakan secara pribadi, dan belajar untuk menetapkan batasan yang tepat terhadap keterikatan.

Ketika kita belajar bagaimana mengambil tanggung jawab pribadi untuk menentukan nilai kita sendiri alih-alih membuat cinta dan persetujuan orang lain bertanggung jawab atas perasaan berharga kita, kita tidak akan lagi menerima penolakan secara pribadi. Ini tidak berarti bahwa kita akan menyukai penolakan – itu berarti kita tidak akan takut lagi dan memiliki kebutuhan untuk menghindarinya.

Ketika kita belajar bagaimana berbicara untuk diri kita sendiri dan tidak membiarkan orang lain menyerang, mencekik, mendominasi, dan mengendalikan kita, kita tidak akan lagi takut kehilangan diri kita sendiri dalam suatu hubungan. Banyak orang, yang takut kehilangan orang lain, akan menyerah dengan harapan bisa mengendalikan perasaan orang lain terhadap mereka.

8 Tanda Hubungan Anda Tidak ada Keintiman Emosional - Lifestyle Bisnis.com

Mereka percaya bahwa jika mereka menuruti tuntutan orang lain, orang lain akan mencintai mereka. Namun kehilangan diri sendiri itu menakutkan, begitu banyak orang keluar dari hubungan karena ketakutan ini. Jika mereka belajar untuk mendefinisikan nilai mereka sendiri dan membela diri mereka sendiri, ketakutan itu akan hilang.

Proses Ikatan Batin yang kami ajarkan adalah proses yang dirancang untuk menciptakan diri orang dewasa yang kuat yang mampu tidak menerima penolakan secara pribadi dan menetapkan batasan terhadap kehilangan diri. Siapa pun dapat mempelajari proses enam langkah ini dan, dengan latihan, menyembuhkan ketakutan akan keintiman.

Dengan mempraktekkan proses Ikatan Batin, Anda belajar untuk menghargai dan menghargai siapa diri Anda yang sebenarnya dan bertanggung jawab penuh atas perasaan berharga, dapat dicintai, keselamatan, keamanan, rasa sakit, dan kegembiraan Anda sendiri.

Ketika Anda sangat menghargai diri sendiri, Anda tidak menerima penolakan secara pribadi dan menjadi tidak reaktif terhadap penolakan.

Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda tidak akan menyerah untuk mencoba mengendalikan perasaan orang lain tentang Anda. Ketika Anda menghargai diri sendiri, Anda rela kehilangan orang lain daripada kehilangan diri sendiri.

Anda dapat mulai mempelajari proses Ikatan Batin yang kuat sekarang dengan mengunduh Kursus Ikatan Batin Gratis kami. Bergerak melampaui ketakutan Anda akan keintiman akan membuka Anda pada pertumbuhan pribadi dan spiritual yang mendalam yang dapat diberikan oleh hubungan dan pemenuhan serta kegembiraan mendalam yang dapat ditawarkan oleh hubungan cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.